Notification

×

Iklan


Iklan

Indeks Berita

Yayasan Sanggar Dongeng Nusantara Bersama Kemenpora Gelar Pelatihan Teknik Mendongeng

Sabtu, 04 November 2023 | 16.08 WIB Last Updated 2023-11-04T11:30:34Z


KAB.TANGERANG,beritatangerang.co.id-
  Yayasan Sanggar Dongeng Nusantara menggelar kegiatan Tehnik mendongeng yang dilaksanakan di Jalan Raya STPI No.3 Rt.002/02, serdang weton, legok, kab. Tangerang, banten Tanggal  (4- 5  November 2023). 


Kegiatan tersebut terselanggera atas dukungan Kementrian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora)@1yang saat itu diwakilkan oleh Rinilda selaku Ketua  Organisasi Kepemudaan dan kepramukaan Deputi III Kemenpora.


Saat membuka acara Rinilda menyampaikan bahwa Kemenpora sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan sanggar dongeng nusantara ini.

Menurutnya ditengah era globalisasi dewasa ini.Anak anak kerap disuguhkan oleh cerita cerita super hero produk luar negeri seperti Avenger dan lain lain, sehingga minat anak terhadap cerita dongeng semakin berkurang.


"Kegiatan ini sangat bermanfaat dan unik. Dari sekian bantuan  kita lihat memang sanggar dongeng nusantara ini agak berbeda dengan yang lain, dengan substansi yang memang masih sedikit yang menjamah atau peduli.  Ini adalah salah satu program yang kami rasa memang harus didukung tidak hanya kemenpora tapi oleh kementrian yang lain" ujar Rinilda.




Masih kata Rinilda menurutnya anak jaman sekarang kurang minatnya terhadap dongeng, apa lagi sebagai pelaku penggiat seperti Kak Irma.


"Anak sekarang lebih paham  cerita super hero, avenger dan lain nya.Sementara dongeng nusantara ini fokus pada cerita nusantara yang mana indonesia ini kan kaya tidak hanya sumber daya alam nya akan tetapi bahasa dan cerita hikayat" imbuhnya.


Diakhir Rinilda mengaku sangat optimis  pelatihan ini bisa ikut berperan dalam melestarikan budaya bangsa.


"Kami sangat optimis ke depan untuk generasi muda yang mengikuti pelatihan dongeng ini bisa ikut melestarikan budaya khusus untuk dongeng nusantara" katanya.


Sementara Priyanto selaku Ketua Yayasan Sanggar Dongeng Nusantara mengatakan pelatihan teknik mendongeng yang diselenggarakan melibatkan pelajar dan pemuda.


" Kegiatan ini dilakukan untuk membina dan melahirkan kader -kader pendongeng karena kita punya tujuan untuk membuat kampung ceria di seluruh nusatara.Kami sekaligus juga mengucapkan terimakasih kepada Kemenpora atas dukungan dan apresiasi hingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik" singkatnya.


Dinformasikan dalam kegiatan pelatihan teknik mendongeng itu hadir.sebagai nara sumber kak Irma Aminah dan kak Deden Sutisna serta sekitar 55 orang peserta dari kalangan pelajar dan pemuda .



Red/Besty