Notification

×

Iklan


Iklan

Indeks Berita

Perumdam TKR Adakan Kegiatan In - House Training Bersama Insan Pers

Jumat, 15 Desember 2023 | 14.11 WIB Last Updated 2023-12-15T09:55:40Z

 

House Training PDAM TKR 2023

KAB.TANGERANG.beritatangerang.co.id - Perumdam Tirta Kerta Rahardja (TKR) menggelar acara In- House Training dengan mengusung tema Bersinergi Perumdam Tirta Kerta Rahardja Dengan Insan Pers yang dilaksanakan di Hotel The Grantage Pagedangan Kabupaten Tangerang Kamis(14/12/23).


Dalam kegiatan hadir sebagai narasumber, Direktur Utama Perumda TKR  Sofyan Sapar,Rustam Facri Mandayun bidang

Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers dari Dewan Pers ,Sri Mulyono Ketua Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang serta dipandu oleh Romli Sekjen PWI Kabupaten Tangerang sebagai moderator.


Tampak dalam Acara tersebut masing-masing Nara sumber mulai memaparkan materi sesuai dengan bidang nya masing- masing.


Dalam kesempatan itu Rustam Facri Mandayun selaku narasumber dari Dewan Pers mendapat kesempatan pertama memberikan penyampaian.

Dihadapan para undangan yang sebagian besar adalah wartawan, Rustam mengungkapkan banyaknya pengaduan masyarakat terkait penyimpangan Kode Etik wartawan.

Rustam menyinggung kejadian yang sempat Viral di Tangerang terkait pemerasan yang dilakukan wartawan gadungan.


"Kami banyak menerima pengaduan terkait kinerja wartawan dilapangan  yang melanggar Kode Etik.Seperti contoh berita tentang pemerasandilakukan wartawan yang terjadi di Tangerang .Dalam berita disebut dilakukan oleh wartawan gadungan,mengapa harus di beri judul wartawan gadungan,sebab wartawan yang profesional dan menjunjung kode etik tidak akan melakukan hal seperti itu.Jika melakukan pemerasan itu bukan tugas jurnalis itu Pidana rananya kepolisian bukan dewan pers lagi" ujarnya.



Facri juga mengingatkan,dalam penulisan berita,wartawan wajib mengacu pada Pedoman pemberitaan Siber dan Pedoman pemberitaan ramah anak.


" Bagi wartawan yang bekerja di media online diwajibkan tunduk pada Pedoman pemberitaan Siber .Misalnya memberitakan kasus Bunuh diri juga harus mempertimbangkan efek pada keluarga yang ditinggalkan.Menurut saya pemberitaan orang bunuh diri tak bermanfaat banyak pada masyarakat hanya menang sensasi ,tapi dampak negatif nya sangat luar biasa pada keluarga yang ditinggal kan" paparnya .


Tak hanya itu Fachri juga mengingatkan tentang pemberitaan yang menyangkut anak dibawah umur agar tunduk pada pedoman pemberitaan ramah anak.


Diakhir Fachri mengingatkan agar wartawan tidak merangkap sebagai LSM untuk menghindari kepentingan pribadi.

" Sekarang yang sedang yang ramai kan Wartawan merangkap LSM .Hal itusebaiknya dihindari agar pemberitaan tidak menimbulkan conflict of interest .



Sementara Dirut Perumda TKR Sofyan Sapar dalam kesempatan tersebut memaparkan starategi bisnis PDAM.


Dia  menyampaikan,sebagai BUMD yang mendapat gelar terbaikse-Indonesia,

Perumdam TKR telah bersiap menjalankan strategi bisnis di tahun 2024 .


Problem yang dialami oleh pihaknya saat ini adalah tentang cakupan layanan air bersih di Kabupaten Tangerang dan  Tangerang Raya.


“Tahun 2020 itu mencapai 32 ribu, 23 ribu dan 19 ribu sambungan tapi tadi terakhir saya cek data tahun 2023 pertanggal 13 Desember, itu hanya 13 ribu sambungan meski kita sudah melakukan perpipaan di beberapa daerah,” terang Sofyan .


Lebih lanjut Sofyan mengatakan, untuk mempermudah layanan kepada masyarakat pihaknya telah menggunakan digitalisasi dengan membuat sebuah aplikasi yang disebut dengan Sistem Informasi Pelanggan Tirta Raharja atau Simpel TKR.


“Layanan digital ini kita berikan kepada pelanggan supaya mereka bisa langsung mengakses dan berinteraktif tentang pelayanan Perumdam TKR. Total yang sudah mengakses aplikasi Simple TKR ini sudah mencapai 126.232,” ungkapnya.


Sofyan menjelaskan, aplikasi Simple TKR selain untuk berinteraktif langsung tentang layanan air bersih, aplikasi tersebut juga untuk melaksanakan amanat Perpres tentang penghilangan transaksi secara cash di lingkungan Instansi Pemerintahan.


“Aplikasi Simple TKR Ini salah satu yang bisa menghilangkan pembayaran secara cash karena instansi pemerintah tidak boleh lagi melakukan transaksi secara cash dan harus secara online itu ada perpresnya,” jelasnya.


Tidak hanya aplikasi Simple TKR yang diluncurkan, Perumdam TKR mobil online pun jadi andalannya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Tangerang.


“Mobil ini bergerak ke semua wilayah, jadi kalau pelanggan melihat mobil online ini silahkan menyinggahi dan mempertanyakan seputar layanan kepada petugas kami. Disitu ada sales marketing yang bisa menjawab keluhan pelanggan,” katanya


Tak hanya itu,Sofyan juga menyinggung terkait Honorarium rilis maupun kerjasama Advetorial yang selama ini dilakukan dengan media yang nanti di tahun 2024 akan dibuat klasifikasi.

" Intinya Perumda TKR akan selalu Suport teman-teman media .Semoga sinergitas antara Perumda TKR dan temen-temen media akan semakin erat dan berjalan dengan baik" katanya.



Sementara Ketua PWI Kabupaten Tengerang dalam penyampaian singkatnya mengatakan akan terus bekerja sama.dengan Perumda TKR dalam mempublikasikan program- Program Perumda TKR kepada.masyarakat melalui pemberitaan.


" Kami khususnya PWI Kabupaten Tangerang akan terus menjaga sinergitas ini agar bisa lnformasi  kepada masyarakat terkait kinerja dan program Perumda TKR agar bisa diketahui oleh masyarakat luas.Kami juga sekaligus memberi informasi bahwa Dirut Perumda TKR Sofyan Sapar juga telah mempunyai sertifikat sebagai dewan Kehormatan PWI yang ditanda tangani oleh Ketua PWI profinsi Banten Rian Nopandra" Singkatnya.


Red/Jfr