Notification

×

Iklan


Iklan

Indeks Berita

Kelurahan Karawaci Baru Gandeng YDMI Bentuk Kelompok Swabantu Bagi Disabilitas

Kamis, 18 April 2024 | 14.59 WIB Last Updated 2024-04-18T14:43:06Z

Kelurahan Karawaci Baru Gandeng YDMI Bentuk Kelompok Swabantu Bagi Disabilitas
Kelompok Swabantu Kelurahan Karawaci bersama YDMI

TANGERANG.BERITATANGERANG
.CO.ID-Kelurahan Karawaci Baru bersama Yayasan Difabel Mandiri Indonesia (YDMI) mengadakan Pembentukan kelompok Swabantu atau Self-Help Group (SHT) bagi Orang Disabilitas Psikososial (ODDP) dan disabilitas lainnya di kelurahan Karawaci Baru, acara di balai kesekretariat RW 07 Kelurahan Karawaci Baru, Kamis(18/4/2024).


Disepakati pembentukan kelompok difabel  yang berlokasi di area kantor kelurahan Karawaci baru ini di beri nama Cendrawasih, terdiri dari 9 orang. 

Adapun struktural kelompok terpilih ini sebagai berikut : 

Ketua kelompok I  :  Niko 

Ketua kelompok II : Fahroji

Sekretaris : Neneng dan Bambang Hermawan

Bendahara : Barjo dan Dwi Budiarti



Lurah Karawaci Baru Endang Suardi saat diwawancarai disela sela acara mengatakan pembentukan kelompok siswa bantu difabel ini merupakan upaya pemerintah Kota Tangerang untuk bisa menjamah seluruh difabel yang ada di Kelurahan Karawaci baru.


"Ini atas kepentingan bukan keinginan para kaum difabel, baik dibidang kesehatan, ketenaga kerjaan dan dibidang lainnya dikarenakan ada masukan-masukan dari para difabel atas ketimpangan yang mereka alami selama ini, disampaikan ke kita untuk memfasilitasi membentuk sebuah kelompok di wilayah kelurahan"kata Lurah Endang Suardi.


Sementara Ketua Swabantu Niko mengaku kaget saat dirinya dinyatakan terpilih sebagai ketua Swabantu .


"Kaget juga sih, ini pertama kali jadi ketua" ujar Niko.


Dirinya berharap nantinya kelompok Swabantu ini bisa berkembang dan membuat kekurangan menjadi kelebihan.


" Saya berharap kelompok ini nantinya akan produktif dan berkembang serta menjadi sumber inspirasi bagi semua orang, untuk kedepannya saya mencoba untuk memfokuskan dan memilah mana yang menjadi kelebihan bukan kekurangan dari para difabel" kata Niko.



Ditempat yang sama, Muhammad Syakur selaku Project Manager program dignity inklusi YDMI mengatakan kelompok Swabantu ini dibentuk sebagai wadah Sharing dan Psikosiosial bagi teman-teman penyandang disabilitas.


 "program ini harapannya jadi tujuan kita membentuk kelompok ini sebagai wadah buat teman-teman disabilitas psikososial dan teman-teman ragam disabilitas yang lain sebagai wadah ajang sharing bertukar pendapat problem solving juga peningkatan kapasitas buat teman-teman mereka sebagai sarana untuk pemenuhan hak-hak disabilitas bagi mereka,  baik itu di sisi politik kesehatan ekonomi pendidikan dan nilainya menjadi sebuah wadah bagi mereka buat partisipasi secara aktif dan bermakna di masyarakat"tuturnya.



Senada ketua Forum RW Karawaci Baru H. AR.Nasution berharap pembentukan kelompok Swabantu ini bisa mengangkat kaum disabilitas agar bisa setara dengan non disabilitas.



" Diharapkan nantinya para disabilitas bisa mendapat fasilitas,nanti kita liat perkembangannya kita bantu seperti apa.Kalo mereka mampu bekerja atau berusaha nanti kita bisa bantu ke Disnaker setelah kita mendapat datanya.bagaimana kita bisa membantu kalo kita tidak mengetahui data siapa siapa penyandang disabilitas di Karawaci baru ini" katanya.



Diinformasikan kegiatan ini dihadiri oleh lurah Karawaci baru Endang Suardi, Kasi kesmas kecamatan kawaraci Santi Ferlina,Indri Dinkes kota Tangerang ,Yuki S.sos Kabid disabilitas dinsos kota Tangerang, Fahroji Karang Taruna kelurahan Karawaci Baru,H.AR. Nasution forum RT/RW karawaci Baru, Tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.


Red/Besty