Notification

×

Iklan


Iklan

Indeks Berita

Puskesmas Karawaci Baru dan Dinas Kesehatan serta USAID Gelar Temu Edukasi Cegah TBC

Sabtu, 22 Juni 2024 | 12.58 WIB Last Updated 2024-06-22T06:13:33Z

Suasana kegiatan Temu TPT di Gor Balai Rakyat Karawaci Baru 
TANGERANG.BERITATANGERANG.CO.ID- Puskesmas Karawaci Baru bersama Dinas Kesehatan dan USAID (United States Agency for International Development)atau lembaga pembangunan internasional Amerika Serikat

hari ini menggelar kegiatan temu TPT pencegahan penyakit Tuberkolusis(TBC) di GOR Balai Rakyat Karawaci Baru Kecamatan Karawaci Kota Tangerang,Sabtu (22/6/24).


Dalam giat tersebut Kepala Puskesmas Karawaci baru dr.Dece Feriyeni mengatakan gelar Temu itu dilaksanakan untuk melakukan pemeriksaan kepada kontak erat dan warga di sekitar tempat tinggal pasien positif TBC yang sudah di berikan pengobatan.


 "Puskesmas karawaci baru dan dinas kesehatan kota tangerang beserta USAID Prevent TB hari ini mengadakan temu TPT pencegahan TBC sekaligus melakukan pemeriksaan kepada kontak erat dan warga di sekitar tempat tinggal pasien positif TBC yang sudah di berikan pengobatan oleh puskesmas Karawaci baru" terang Dece.



Dece juga menjelaskan kepada wartawan Jumlah peserta yang hadir dalam pemeriksaan tersebut sekira 150 orang yang berasal dari 6 wilayah kerja puskesmas Karawaci baru,


" Untuk peserta yang hadir berjumlah sekitar 150 orang dari 6 wilayah kerja Puskesmas Karawaci baru seperti Kelurahan cimone, Cimone Jaya, Karawaci, karawaci baru, Nusajaya dan bojong jaya" kata Dece kepada beritatangerang.co.id.





Sementara di tempat yang sama Asep dari Telkom Medica Jakarta mengatakan bahwa pihaknya di tunjuk oleh dinas kesehatan Kota Tangerang sebagai penyedia jasa Rontgen mobile untuk membantu kegiatan TPT hari ini. 


".Kami dari Telkom medika di tunjuk oleh dinas kesehatan kota Tangerang sebagai penyedia jasa Rontgen mobile untuk membantu kegiatan TPT hari ini " Kata asep di lokasi.


Tampak hadir lurah Karawaci baru Endang Suardi, Binmas dan Babinsa karawaci Baru, serta dokter dan perawat dari puskesmas karawaci baru serta dari Telkom Medika.



Sebagai informasi tambahan dikutip dari Laman resmi USAID dikatakan USAID PREVENT TB  berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat yang berisiko tinggi terkena TBC melalui strategi komunikasi perubahan perilaku sosial (SBCC), dan menurunkan penyebaran TBC dengan meningkatkan partisipasi untuk melakukan TPT.


Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan permintaan TPT di fasilitas kesehatan dan kelompok rentan, seperti orang dengan HIV/AIDS, individu yang tinggal serumah dengan pasien TBC, pasien dengan sistem imunitas tubuh yang lemah, dan tenaga kesehatan; dan meningkatkan tingkat cakupan TPT di antara kelompok rentan.


RJL