Notification

×

Iklan


Iklan

Indeks Berita

Disperkimtan Targetkan 150 Jamban Sehat Bagi Masyarakat Kota Tangerang

Senin, 19 Agustus 2024 | 19.06 WIB Last Updated 2024-08-19T12:06:54Z

Disperkimtan  Targetkan 150 Jamban Sehat Bagi Masyarakat Kota Tangerang
Kepala Disperkimtan Kota Tangerang, Decky Priambodo

T
ANGERANG.BERITATANGERANG.CO.ID - Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Tangerang, mengupayakan pembangunan  jamban dengan menargetkan 150 Jamban Sehat bagi masyarakat Kota Tangerang di tahun 2024. Pembangunan tersebut sebagai upaya memastikan setiap keluarga memiliki septic tank atau saluran pembuangan limbah padat dan cair.


Kepala Disperkimtan Kota Tangerang, Decky Priambodo menjelaskan program ini merupakan salah satu yang terus dikejar oleh Pemkot Tangerang, yang mana Diperkimtan melibatkan Tim Sanitasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang.


"Untuk melihat keluarga diwilayah mana  yang belum memiliki jamban sehat. Dimana pengajuan jamban sehat ini dapat melalui beberapa jalur seperti Musrenbang, Pokok-Pokok Pikiran Anggota DPRD (Pokir Dewan) dan juga hasil kajian teknokratis Disperkimtan," ungkapnya, Senin (19/08/2024)


"Ketika masyarakat sudah tidak ada yang buang air besar sembarangan maka harus juga didukung dengan adanya Jamban Sehat. Selain harus adanya pembuangan khusus, jamban yang sehat juga berpengaruh pada kesehatan keluarga," ujarnya


Diharapkan, dengan adanya program ini, tingkat Open Defecation Free (ODF) 0 persen atau masyarakatnya tidak ada yang buang air besar sembarangan,  dapat menyelesaikan beberapa permasalahan yang ada. Seperti penanganan stunting, wilayah kumuh, kemiskinan ekstrem dan juga TBC. Dengan tantangan tersebut, Decky berharap program dapat berjalan dan tepat sasaran.


"Program Jamban Sehat dan juga Bedah Rumah merupakan upaya Pemkot Tangerang dalam penanganan beberapa masalah lainnya seperti penanganan stunting, wilayah kumuh, kemiskinan ekstrem dan juga TBC. Sehingga, melalui program tersebut dapat menangani lebih dari dua permalahan sekaligus," pungkas decky.



Besty